Ender's Game (2013)


Sutradara: Gavin Hood
Durasi: 114 menit
IMDb rating: (currently at) 7.2

Ini pertama kalinya saya nonton film yang isi teaternya cuma 2 orang -- saya dan orang lain. Akhirnya pegawai-pegawai 21 yang nganggur jadi pada ikutan nonton di bangku depan. Totalnya ada 5 orang, satu teater. Tapi, pelis deh, yang beli tiket kan berarti cuma 2 orang!!! Masalahnya ada di filmnya atau jadwal tayang filmnya (saya nonton yang jam 12) ya? But, hello... Waktu pertama rilis di US tanggal 1 November lalu, film ini langsung menduduki puncak box office sono loh. Banyak kan berarti penontonnya? Indonesia memang suka aneh-aneh deh ya.

Alasan utama saya nonton Ender's Game, jujur aja, adalah Asa Butterfield. Pertama lihat dia di sekuel Nanny McPhee, Nanny McPhee and the Big Bang. Di antara kelima anak bandel di film itu, dia yang paling menonjol. Paling cakep. Langsung suka deh. Nggak lama, dia muncul di Hugo. Aiiihhhh tambah unyuuu! Pas denger dia bakal main di Ender's Game, film itu langsung masuk watchlist saya haha.

Ender's Game diadaptasi dari novel karya Orson Scott Card. Saya punya semua novelnya di iBooks, tapi belum sempet baca. Film dan novelnya mengikuti kisah Ender Wiggin (Butterfield), seorang anak yang berbakat, yang direkrut oleh Kolonel Graff (Harrison Ford) untuk mengikuti sebuah pelatihan di sebuah akademi militer luar angkasa. Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan para anak-anak untuk menghadapi invasi sebuah spesies alien yang disebut Formics. Graff merasa bahwa Ender adalah pilihan yang tepat untuk membantu mereka melawan bangsa Formic yang dulunya pernah dikalahkan oleh seseorang bernama Mazer Rackham (Ben Kingsley). Pelatihan ini, juga cara berpikir Ender yang tidak biasa, menetukan nasib dan masa depan Bumi selanjutnya.


Kira-kira seperti itu yang bisa saya tangkap dari ceritanya. Jujur saja, awalnya saya susah sekali mencerna inti filmnya. Cara penceritaannya terlalu cepat dan terburu-buru sehingga beberapa bagiannya kurang dieksplor secara matang. Iya, saya ngerti kalau ini adaptasi novel. Mengubah berlembar-lembar tulisan menjadi gambar bergerak memang susah. Apalagi durasinya cuma 114 menit -- terlalu sebentar! Kalau dipanjangin sedikit mungkin bisa lebih bagus.

Jajaran aktornya? Jangan ditanya bro. Sudah pernah lihat trailernya kan? Nah, makan tuh "Academy Awards winner/nominee"!!! Harrison Ford, Viola Davis, Hailee Steinfeld, Abigail Breslin, Ben Kingsley... Semuanya pernah menang Oscar atau setidaknya dapat nominasi Oscar. Nonton trailernya Ender's Game itu bikin garuk-garuk kepala. Cuma Asa Butterfield yang namanya nggak ada 'teman'-nya...

Walaupun begitu, yang paling menonjol tetap Asa, si Ender yang brilian dan cerdas, yang membuat teman-temannya bingung mau suka atau benci sama dia. Dia bisa mengimbangi akting-akting para jebolan Oscar itu. Dan saya suka saat dia beradu akting dengan Harrison Ford dan Ben Kingsley. Ngomong-ngomong, Asa sama Sir Kingsley reunian di sini sejak Hugo. Akting Asa di Hugo tuh keren benjet, tapi sayang ya, yang dilirik sama The Academy cuma Sir Kingsley-nya. Soon, Asa, soon... ;)


Untuk film score-nya ditangani oleh Steve Jablonsky. Cocok banget sama filmnya, tapi malah mirip-mirip score film lain. Uh... Thor: The Dark World mungkin ya? Nggak tau ah. Nggak peduli. Yang penting saya suka.

Secara keseluruhan, Ender's Game enak untuk ditonton. Seru dan sedikit menegangkan--itu juga karena musiknya mendukung banget. Tapi, err... "twist"-nya itu... it didn't surprise me, I didn't know why. Lumayan sih twist-nya, bikin alis saya terangkat, tapi gimana gitu ya. Dari awal film, tindak-tanduk beberapa karakternya udah bikin saya curiga, dan saya udah mengharapkan "twist" yang lebih complicated dan 'wah', tapi yah "twist" yang itu yang mereka kasih. Maybe because I love movies with twists and I watch many of them, my mind itself became twister, so I kind of expecting more from Ender's Game. Sori nih, tapi saya malah lebih kaget nonton twist 'bangsat'-nya Iron Man 3 hahaha.

Tapi, itu saya. Saya kan emang suka aneh-aneh haha. Don't change your mind about seeing the movie, okaaayyy :)

"That's what they want from us. Follow the rules, we lose. Choose violence, we win."
- Ender Wiggin

Trailer:


Komentar

Postingan Populer