The Hunger Games: Catching Fire (2013)


Sutradara: Francis Lawrence
Durasi: 146 menit
IMDb rating: (currently at) 8.3

FINALLY!

Setelah satu setengah tahun sejak keluarnya The Hunger Games, akhirnya berhasil juga nonton sekuelnya, yaitu The Hunger Games: Catching Fire. Seperti yang kita tahu (tahu lah yaa, plis deh), The Hunger Games diadaptasi dari novel berjudul sama karya Suzanne Collins. Novel ini laku keras di pasaran, begitu juga dua sekuelnya, Catching Fire dan Mockingjay. I'm a huge, huuugeee fan of the trilogy, so I was so excited to see the movie.

Saya akan buru-buru ngetik post ini karena dikejar deadline tugas yang lebih serem dari Hunger Games-nya Capitol, jadi kalau kalian masih butuh penjelasan mengenai The Hunger Games, saya sarankan baca novelnya aja langsung, atau tonton filmnya, atau buka Wikipedia bagi orang-orang yang males baca dan males nonton (wew, adakah orang yang males nonton film?!).

Setelah memenangi Hunger Games yang ke 74, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) dan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) sibuk mempersiapkan tur kemenangan mereka ke distrik-distrik lain di Panem. Kemenangan mereka memercikkan semangat pemberontakan di distrik-distrik tersebut sehingga membuat mereka menjadi incaran President Snow (Donald Sutherland) dan Capitol. Tak disangka, Hunger Games ke 75, atau dikenal sebagai Quarter Quell ke 3, akan mengubah nasib mereka dan Panem selamanya.



Saya sudah baca novelnya, dan memang, it's way better than The Hunger Games. Lebih tegang, lebih keren, lebih wah! Ternyata filmnya juga begitu. Lebih bagus! Saya nggak bilang THG jelek, tapi beberapa bagian THG memang agak membosankan karena kurangnya musik pendukung (btw, right before I watched Catching Fire, I re-watched THG first hehe). Catching Fire punya musik yang pas untuk mendukung momen-momen yang dramatis banget dari novelnya sehingga feeling yang saya dapat dari novel nggak hilang begitu diangkat ke film.

Well, nggak ada adaptasi film yang sama plek sama novelnya. Banyak banget adegan dari novel Catching Fire yang nggak ada di filmnya, atau yang beda sama sekali. Karena sebelum nonton saya sempat baca ulang novelnya, jadi adegan per adegan di novel masih fresh di otak saya. Kadang saya gemes sendiri "Eh, itu kan nggak gitu?" atau "Loh ini kan mestinya gini!", tapi ya sudahlah. Siapa pula yang kuat mengadaptasi lembar per lembar novel ini? Dan novelnya memang terlalu keren, kalau diadaptasi semua malah kesannya gimana gitu.


Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, dan Liam Hemsworth--no comment, they're great! Di film ini Katniss-nya lebih emosional karena pemberontakan-pemberontakan itu, and of course, J-Law played her very well! Kelihatan lah perkembangan karakternya dari film pertama. Peeta dan Gale juga gitu, tapi ya Gale munculnya tetep cuma seuprit. Rasanya pengen nemenin dia yang sendiriiii melulu. Pukpuk moment buat fans-nya Liam. Mari kita berpelukan layaknya Teletubbies... :')

Yah, tiga aktor itu memang sorotan utamanya sih, tapi bagi saya, scene stealer-nya adalah Sam Claflin. I repeat, SAM CLAFLIN. Finnick Odair, peserta Hunger Games dari Distrik 4 yang tampan mempesona dan jago banget. Sejak baca novelnya, saya berharap banget pihak studio nemuin Finnick yang benar-benar oke--but I was thinking that Finnick was too good to be true. Hampir nggak ada aktor yang terbersit di pikiran saya yang cocok buat meranin Finnick, walaupun waktu itu rumornya Robert Pattinson lagi diincar-incar (blah, sorry, he's handsome but he's nowhere near Finnick Odair). Dan akhirnya, jengjengjeng -- Sam Claflin was cast. Saya belum pernah nonton dia di Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides, tapi saya nonton Snow White and the Huntsman. Yeah, he's good!


Aktor-aktor lain seperti Elizabeth Banks, Woody Harrelson, Donald Sutherland, Phillip Seymour Hoffman, Stanley Tucci, dan lainnya juga mantep. Sesuai lah dengan karakter mereka di novel. Tapi emang masih nggak sreg sama President Snow-nya. Malah ada temen saya yang bilang kalau dia kelihatan masih baik karena mirip Santa Claus :)) but hey, it's Sutherland! He did a great job you know :)

I think that's it from me. Mungkin saya masih akan edit-edit post ini lagi kalau masih ada yang kelupaan buat ditumpah-ruahkan ke sini (apasih kak). Okay, Happy Hunger Games! May the odds be ever in MY favor. *ngacir ngerjain tugas*

"Remember who the real enemy is."
- Haymitch Abernathy

Trailer:

Komentar

Postingan Populer