White House Down (2013)


Sutradara: Roland Emmerich
Durasi: 131 menit
IMDb rating: 6.3

Nah, ini dia film yang serupa tapi tak sama dengan Olympus Has Fallen. Sama-sama tentang White House yang diserang dan dibajak teroris, sama-sama tentang cowok berbodi keren yang mati-matian menyelamatkan Presiden -- sama persissss! Yang membuat kedua itu berbeda hanya aktor-aktornya, cerita sampingannya, waktu rilisnya (cuma beda 3 bulan!), dan... Presidennya.

Kalau Olympus punya Aaron Eckhart, WHD punya Jamie Foxx. Lebih sedikit masuk akal lah ya, karena current President-nya US kan juga orang kulit hitam. Tapi nggak penting banget ah bahas gituan, ngapain coba haha. Kita bahas filmnya aja yuk!

Di Olympus, tokoh utamanya adalah seorang mantan pengawal Presiden yang dibawakan oleh om Gerard Butler. Tapi di WHD, jagoannya adalah seorang polisi capitol (polisi yang bertugas untuk melindungi/mengawal kongresman-kongresman Amerika) bernama John Cale, diperankan oleh abang Channing Tatum. John pergi ke White House bersama putrinya, Emily (Joey King) untuk menghadiri interview masuk Secret Service, dan akhirnya ikut sebuah rombongan untuk tur keliling White House. Tak disangka, White House tiba-tiba dibajak oleh sekelompok teroris. John yang terpisah oleh Emily berusaha menyelamatkan putrinya itu, dan juga melindungi Presiden James Sawyer (Foxx) dari para teroris yang menginginkannya hidup-hidup.


Yap, mirip-mirip Olympus Has Fallen kan? Di Olympus, sang Presiden dijadikan sandera oleh para teroris, tapi di WHD, Presidennya kabur-kaburan bareng John Cale dari teroris. Untuk ketegangan, kedua film ini sudah cukup baik. Tapi, Olympus kesannya lebih serius, soalnya terorisnya aja dari Korea. Saya sempet mikir kalau Jung Woo Sung yang jadi terorisnya pasti keren abis yaaa haha *fans-nya om Woo Sung nih wkwk*

Banyak hal yang saya suka dari WHD, termasuk joke-joke 'ringan' yang bikin saya sukses ngakak di tengah-tengah adegan tegang. Menurut saya itu juga termasuk kelemahan sih... Habisnya, lagi serius-seriusnya, kok sempet karakternya melontarkan kalimat kocak. Itu kan cukup menghancurkan adegan juga. Kesannya main-main banget. Mungkin karena waktu itu saya habis nonton Olympus yang super serius kali ya? Whatever. Nggak ada film yang sempurna.

Abang Channing, seperti biasa, bisa dengan sukses memukau penonton wanita dengan bodinya yang cuma dilapisi kaos kutang hampir sepanjang film. Jadi inget John McClane (Bruce Willis) di Die Hard--ngelawan teroris-teroris hanya dengan pistol, kaos kutang, dan tanpa alas kaki. Die Hard rip offs? Banyak yang bilang gitu. Bodinya Channing emang wow banget, cocok lah sama perannya. Aktingnya juga lumayan. Tapi saya seringnya liat Channing di film romantis atau komedi gitu, jadi pas liat dia di sini bawaannya pengen ketawa melulu, apalagi dipasangin sama Jamie Foxx! WHD mungkin bisa ngubah genre jadi action comedy. *peace ya, om Roland Emmerich*

Bagi saya, yang membuat film ini jauh beda dari Olympus ya Jamie Foxx. Kapan lagi liat Amerika punya Presiden yang koplak abis? Sumpah deh. Saya sampai geleng-geleng kepala lihat Presiden Sawyer ini. Dia pinter, tapi karena ketemu Channing Tatum, dia jadi lawak abis. Screenwriter-nya bisa banget mencampur adegan tegang dan komedi jadi satu. My favorite line (and probably the best and funniest in the movie): "Get your hands off my Jordans!"


Aktor-aktor pendukung lain seperti Maggie Gyllenhaal, Jason Clarke, dan Joey King juga menunjang film ini jadi watchable dan tolerable. Saya nggak pernah liat Jason Clarke jadi bad guy, and he's good with that role actually, jadi saya bisa menerimanya. Terus Joey King... Saya suka banget sama dia sejak Ramona and Beezus. She's such a great young actress! Apalagi di The Conjuring--aktingnya meyakinkan banget. Di WHD, sedikit sama dengan di The Conjuring, hampir semua adegannya mengharuskannya menitikkan air mata. Lho ini kan film action? Lha iya... Siapa yang nggak nangis dan ketakutan pas disandera teroris?

Sekedar sharing ya, ini dialog-dialog favorit saya di WHD.

Walker: You just killed the Secretary of Defense.
Stenz: Well, he wasn't doing a very good job.

Sawyer: Whatever you do, I'll do.
*Cale jumped to other side of elevator while climbing*
Sawyer: I ain't doing that sh*t.

Sawyer: I lose the rocket launcher.
Cale: You lose-- How do you lose a rocket launcher?!

Dan masih banyak lagi dialog kocak lain :))


Seperti Olympus, WHD juga punya banyak adegan yang nggak masuk akal. Tapi, ah, f*ck logic! I'm enjoying both movies. Saya nggak bisa milih antara Olympus Has Fallen atau White House Down karena mereka punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Banyak yang tanya ke saya lebih bagus mana. Saran saya sih tonton aja dua-duanya, marathon langsung, biar bisa bedain sendiri. Atau biar lebih gampang... lebih suka Korea atau Amerika yang jadi terorisnya? :))

Ada lagi nggak ya film-film yang mirip-mirip kayak gini? Nggak harus melibatkan White House, yang penting ada Presiden dan pengawalnya. If I get those kind of movies for my father, I'm like daughter of the year! *ngopy John Cale dikit, uhuk*

"I can't think of a more important job than protecting the President."
- John Cale

Trailer:



Komentar

Postingan Populer