Olympus Has Fallen (2013)


Sutradara: Antoine Fuqua
Durasi: 120 menit
IMDb rating: 6.4

Waktu film ini masih beredar di bioskop, saya ngebet banget pengen nonton. Tapi apa daya, waktu itu hujan deras menghambat, dan akhirnya saya sampai di bioskop telat. Karena udah basah kuyup dan nggak mungkin langsung balik, saya dan teman saya pun memutuskan untuk nonton The Host. Waktu itu film-film bagus sedang menjarah bioskop (Olympus Has Fallen, G.I. Joe: Retaliation, The Host), dan kita juga memang gambling--bakal nonton apa aja sesuai waktu sampainya. Yah, memang nggak jodoh sama Olympus.

But, finally, I watched this movie! Dan momennya lagi pas banget, lagi pas liburan haha. Saya nonton sendirian di kos dengan lampu yang dimatikan, volume laptop dibesarin sedikit, bikin bioskop-bioskopan di kamar.

Mike Banning (Gerard Butler) adalah seorang pengawal Presiden yang sangat dekat dengan keluarga beliau. Tetapi, suatu kecelakaan di mana Presiden Benjamin Asher (Aaron Eckhart) kehilangan istrinya (Ashley Judd), membuat Mike dipindahkan ke desk job. Suatu hari, White House diserang secara membabi buta oleh teroris dan Presiden bersama beberapa pejabat kenegaraan dijadikan sandera. Mike, yang kebetulan berada di daerah itu, ikut turun tangan menyelamatkan Presiden dengan keahliannya dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi.


Olympus adalah kode Secret Service untuk White House. Jadi, sudah mengerti lah ya kenapa judulnya Olympus Has Fallen. Yap, itu menunjukkan bahwa White House diserang habis-habisan dan berada dalam status berbahaya, di mana misi penyelamatan hampir mustahil.

Film ini mempunyai premise yang cukup menjanjikan, dan membuat saya begitu antusias untuk menontonnya. Tapi, premise itu 'dihancurkan' oleh plot hole yang bertebaran di mana-mana. Saya nggak bisa jelasin satu-satu apa aja plot hole-nya, tapi menonton film ini memang agak sedikit bikin saya mengerutkan dahi.
"Kok bisa ya?", "Emang gitu ya?", "Buset!", "Gerard Butler keren banget sih!" adalah sekian dari kata-kata yang saya keluarkan sepanjang film ini. Ada beberapa bagian yang kurang masuk akal, tetapi masih bisa tertutupi oleh action dan ketegangan yang lumayan.

Aktor-aktornya juga keren-keren. Gerard Butler, Aaron Eckhart, dan Morgan Freeman--belum lagi nama-nama lain seperti Angela Bassett, Melissa Leo, dan Ashley Judd--semuanya bintang-bintang besar Hollywood! Kalau udah begini sih, orang-orang nggak bakal peduli sama plot hole filmnya, mending fokus ke aktor-aktor yang bertebaran itu, ya nggak?


Jujur aja, waktu lihat posternya, saya kira Morgan Freeman yang jadi presidennya, eh ternyata Aaron Eckhart. Semenjak Obama jadi Presiden, beberapa film pasti memunculkan orang hitam sebagai Presiden. Tapi Olympus Has Fallen anti mainstream! Jadi agak aneh ngeliatnya. But it's okay, Eckhart juga bagus kok.

Sebenarnya, saya nonton film kayak gini karena ketularan Ayah saya. Film ini kan setipe sama Vantage Point--sama-sama bercerita tentang pengawal Presiden/Secret Service Agent dalam upaya mereka melindungi Presiden, dan Ayah saya demen banget sama film begituan! Makanya waktu saya kabari beliau tentang keeksisan film ini, beliau excited banget. Sorry, Pops, you have to wait until I get back home in January to watch this movie :p

Oh, iya. Pernah dengar tentang film White House Down yang dibintangi si ganteng Channing Tatum? Kedua film ini mempunyai premise yang hampir sama. Well, just wait for the (not-so) review here!

"Why don't you and I play a game of f*ck off? You go first."
- Mike Banning

Trailer:



Komentar

Postingan Populer